Aksi Nyata - Topik 6 PSdPI

 

Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia

Isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik

Oleh: Ni Putu Ika Damayanti  2364803130
Sumber: Dokumen Pribadi

MULAI DARI DIRI

Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran? 
Sebelum memulai proses pembelajaran ini, saya memikirkan bahwa topik ini melibatkan diskusi mengenai ketidakmerataan penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di seluruh Indonesia. Ketidakmerataan ini disebabkan oleh berbagai faktor sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Selain itu, saya juga mempertimbangkan solusi yang dapat diterapkan oleh para pendidik untuk mengatasi berbagai permasalahan terkait isu-isu sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam konteks ini.

EKSPLORASI KONSEP

Apa yang Anda Pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?

Dalam topik ini, yang dipelajari adalah berbagai isu terkait penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dari perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Memahami isu-isu ini sangat penting untuk memahami dinamika pendidikan di lingkungan sekitar. Perbedaan latar belakang peserta didik memengaruhi pendekatan, metode, dan model pembelajaran. Oleh karena itu, guru diharapkan mampu menyusun proses pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dengan mengintegrasikan contoh-contoh dari isu-isu tersebut dalam pengajaran sehari-hari. Selain itu, penerapan strategi scaffolding yang efektif sangat penting. Guru dapat memberikan dukungan yang sesuai dengan kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan berbagai masalah. Seiring waktu, guru dapat secara bertahap mengurangi tingkat bimbingan yang diberikan, sehingga memungkinkan peserta didik untuk mengerjakan tugas secara mandiri dan mengembangkan rasa tanggung jawab terhadap pembelajaran mereka.

RUANG KOLABORASI

Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan anda dalam ruang kolaborasi?

Dalam ruang kolaborasi ini, saya berdiskusi dengan rekan-rekan untuk memperdalam pemahaman mengenai isu-isu terkait penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dari perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik, serta bagaimana isu-isu tersebut dapat memengaruhi proses pembelajaran. Kami sepakat bahwa isu-isu ini sangat penting untuk dipertimbangkan dalam konteks pendidikan dan pembelajaran. Misalnya, faktor sosial dan budaya dapat memengaruhi karakter dan perilaku siswa di kelas, sementara faktor ekonomi dapat memengaruhi akses mereka terhadap sumber daya dan fasilitas pendidikan. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk mempertimbangkan faktor-faktor ini dalam merancang proses pembelajaran. Guru perlu menyesuaikan pendekatan mereka dengan gaya belajar dan kemampuan setiap siswa, serta memastikan bahwa semua siswa memiliki kesempatan yang adil untuk belajar dan berkembang.

DEMONSTRASI KONTEKSTUAL

Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?

Hal utama yang saya pelajari dari proses demonstrasi kontekstual bersama kelompok adalah pentingnya kemampuan untuk bekerja sama dan berinteraksi secara efektif. Selama demonstrasi, kami dapat saling berbagi pengalaman, pendapat, dan pemikiran tentang isu-isu dalam penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dari perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Peran guru tidak hanya sebatas menyampaikan materi pelajaran kepada siswa, tetapi juga melibatkan motivasi dan edukasi masyarakat mengenai pentingnya kesadaran akan pendidikan. Proses ini membantu membangun pengalaman belajar yang bermakna dan memperluas wawasan saya.

ELABORASI PEMAHAMAN

Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?

Sejauh ini, yang telah saya pahami tentang topik ini melibatkan berbagai isu terkait penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah, yang dapat dianalisis dari perspektif sosial, ekonomi, budaya, dan politik. Saya telah mempelajari bagaimana faktor-faktor tersebut memengaruhi proses pendidikan, mulai dari pengaruh latar belakang sosial dan budaya terhadap karakter dan perilaku siswa, hingga dampak faktor ekonomi pada akses siswa terhadap sumber daya pendidikan. Selain itu, saya juga menyadari pentingnya mengintegrasikan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang sesuai dalam proses pembelajaran. Konsep Scaffolding dalam Zona Perkembangan Proksimal (ZPD) menjadi kunci untuk membantu siswa mencapai kemandirian dalam belajar, dengan memberikan dukungan sesuai kebutuhan mereka pada awalnya, kemudian secara bertahap mengurangi bantuan tersebut agar mereka bisa menyelesaikan tugas secara mandiri.

Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai?

Sebelum pembelajaran dimulai, pemahaman saya tentang topik ini terbatas pada konsep dasar penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran. Namun, setelah mengikuti proses pembelajaran, saya mendapatkan pemahaman baru mengenai pentingnya hubungan antara faktor sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam memengaruhi keberlangsungan pendidikan. Faktor-faktor ini tidak hanya memengaruhi karakteristik peserta didik tetapi juga berdampak pada metode dan strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Keberagaman dalam perspektif pendidikan ini menuntut guru untuk menyesuaikan pendekatan mereka agar efektif dalam menjangkau setiap peserta didik. Saya juga menyadari bahwa strategi yang efektif tidak hanya memerlukan pertimbangan teoretis tetapi juga melibatkan observasi, diskusi, dan penyesuaian yang terus-menerus. Perubahan ini memperluas pandangan saya dari pemahaman yang awalnya lebih sederhana menjadi wawasan yang lebih komprehensif dan terintegrasi mengenai cara mengelola dan menyesuaikan proses pembelajaran sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?

Saya ingin mempelajari lebih lanjut tentang cara-cara efektif yang dapat digunakan oleh guru untuk mempersiapkan peserta didik agar tidak hanya menjadi individu yang peka terhadap isu-isu di lingkungan sekitar, tetapi juga mampu berkontribusi secara aktif dalam menghadapi isu-isu tersebut.

KONEKSI ANTAR MATERI

Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun  dengan mata kuliah lain?

Saya memperoleh wawasan berharga mengenai pentingnya keterkaitan antara berbagai materi, baik dalam satu mata kuliah maupun antar mata kuliah yang berbeda. Saya menyadari bahwa memahami hubungan antara satu materi dengan yang lain sangat penting untuk mempermudah pemahaman materi di masa depan. Kesadaran ini menegaskan bahwa setiap konsep atau topik yang dipelajari memiliki peran penting dalam membangun dasar pengetahuan yang kokoh, yang memungkinkan integrasi pengetahuan dan keterampilan secara menyeluruh. Dengan demikian, hubungan antar materi tidak hanya memperdalam pemahaman saat ini, tetapi juga memperkuat fondasi untuk memahami materi di masa depan.

AKSI NYATA

Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?

Pembelajaran ini bermanfaat untuk mempersiapkan saya sebagai guru dengan memperluas pemahaman saya tentang isu-isu dalam penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dari perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Dengan memahami bagaimana faktor-faktor tersebut saling berinteraksi dan memengaruhi proses pendidikan, saya dapat lebih efektif dalam merancang dan menerapkan strategi pembelajaran yang relevan dan responsif terhadap kebutuhan peserta didik. Pengetahuan tentang aspek ekonomi dan politik membantu saya memahami tantangan yang mungkin dihadapi peserta didik dan merancang solusi yang tepat. Selain itu, wawasan ini juga mempersiapkan saya untuk menghadapi berbagai situasi yang mungkin muncul di dalam kelas dan beradaptasi dengan perubahan yang terjadi dalam konteks pendidikan.

Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda sata ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?

Saat ini, saya menilai kesiapan saya sebesar 8, namun saya melihat masih ada ruang untuk berkembang. Saya menyadari bahwa pengalaman lapangan dan penerapan konsep-konsep ini dalam situasi nyata masih dibutuhkan untuk meningkatkan kemampuan saya. Selain itu, saya juga perlu mengembangkan keterampilan dalam menggunakan teknologi pendidikan agar dapat memanfaatkannya dengan lebih efektif dalam proses pembelajaran.

Apa yang perlu Anda persiapakan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?

Untuk mempersiapkan diri secara optimal, saya akan merencanakan pendalaman mengenai penerapan isu-isu sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pendidikan dan pembelajaran. Tujuannya adalah untuk memperluas wawasan saya dengan meningkatkan relasi, memperdalam literasi dalam bidang-bidang tersebut, dan memperoleh pengalaman tambahan yang relevan. Dengan cara ini, saya dapat memperluas pengetahuan saya, sehingga lebih efektif dalam mengintegrasikan perspektif ini ke dalam praktik pembelajaran. Selain itu, pemahaman yang lebih mendalam akan membantu saya memahami dinamika yang memengaruhi peserta didik dan merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aksi Nyata - Topik 1 PSdPI - Ni Putu Ika Damayanti

Aksi Nyata - Topik 3 PSdPI

SISTEM PERNAFASAN PADA MANUSIA